Widget HTML Atas

Metamorfosa Kehidupan


Mungkin sudah kita ketahui bersama tentang proses ini dan ijinkan saya me-review kembali dengan sedikit mengulas kisah proses kehidupan si ulat bulu yg bermetamorfosa menjadi si kupu-kupu cantik .

Ulat bulu yg berproses metamorfosa sebelum menjadi kupu2 cantik , mengalami proses yg teramat sangat "menyiksa sekali"

Dari awal hingga akhir proses ( +- 70an hari !  )  , ternyata ulat bulu tidak makan alias berpuasa untuk menjadi kupu-kupu.


Hari Pertama sd hari ke Sepuluh

Ulat bulu mengikatkan dirinya ke sebuah batang tumbuhan dengan menggunakan benang serat yg dikeluarkan mulut mungilnya nya ..

Benang itu bertujuan untuk menahan tumpuan dari berat tubuh saat mengubah kulit n melepas pelan2 kulit lamanya hingga perlahan2 akan  membentuk sebuah sarung kepompong ,,




Hari ke Sebelas sd hari ke Dua Puluh.



Dengan kondisi tubuhnya sudah setengah berubah ,tubuhnya aktif bergerak terus dan perlahan-lahan membuang kulit lamanya hingga jadilah ia cikal KEPOMPONG.

Hal yg sangat rumitnya adalah  jika selama tubuhnya aktif bergerak untuk merubah kulitnya, sementara  benang penahan tumpuannya putus yg menopang tubuhnya dari batang tumbuhan  maka  akibatnya ulat yg nyaris jadi kepompong akan jatuh ketanah dan berakibat fatal dan gagal....lalu MATI ! itu akan terjadi jika pergerakan tubuhnya tidak dilakukan dengan sangat hati-hati
 
Hari ke Dua Puluh Satu sd hari ke Empat Puluh
.


Ulat bulu sudah menjadi kepompong , tubuhnya sudah ditutupi oleh kepompong dan kulit lamanya tadi (kulit saat jadi ulat) dijatuhkan ke tanah , dengan pelan2 supaya ikatan benang ditubuhnya tdk putus.

Hari ke Empat Puluh sd hari ke Enam Puluh.

Kepompong yang masih menempel di daun atau batang berdiam sepanjang siang dan malam di batang atau di daun tumbuhan dlm kondisi alam yg bagaimanapun ekstremnya : hujan , panas dan tanpa makan/minum sedikitpun (artinya selama menjadi kepompong ia sedang berpuasa penuh )

Hari ke Enam Puluh sd ke Tujuh Puluh

Kepompong terbuka dengan sendirinya selama 10 hari , lalu keluarlah makhluk mungil nan cantik bersayap

Itulah si kupu-kupu dan ternyata semua kupu-kupu yang ada di alam raya semesta ini berawal dari ulat bulu 





Pesan moral : # Kehidupan kita dibumi ini tiada beda dg proses metamorfosa ulat bulu menjadi kupu2.
Siapa yg sabar dg  tetap siaga dan hati2 serta tetap ikhlas rela menderita ,tetap giat tekun bekerja keras dalam berupaya dlm segala kondisi dan keadaan yg rumit sekalipun,maka esoknya maupun kelak akan mendapatkan kehidupan cantik yg pasti tanpa terbayangkan sebelumnya..